Tujuh Qiro’at dalam Surat Al-Fatihah

Pada Surat Al-Fatihah, terdapat perbedaan qiro’at yang tujuh pada ayat keempat, keenam, dan ketujuh. Perinciannya adalah sebagai berikut;

Ayat yang keempat (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ):
Qira’at `Ashim dan Kisa’i akan membaca dengan menetapkan (itsbat) alif pada kalimat (مَالِكِ). Sedangkan Imam Qiro’at yang lain (Nafi`, Ibnu Katsir, Abu `Amr, Ibnu `Amir, dan Hamzah) akan membaca dengan tanpa (hadzf) alif. Dalil Syatibiyyah dalam bab Ummul Qur’an:
وَمَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ (رَ)اوِيهِ (نَـ)ـاَصِرٌ

Ayat ketiga (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) dan keempat (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ):
Rawi Susi membaca dengan idgham kabir pada kalimat (الرَّحِيمِ) yang disambungkan dengan (مَالِكِ) sehingga dibaca dengan satu mim (م) ter-idgham. Pada kasus ini ada huruf mad sebelum dua huruf serupa sehingga dibolehkan bagi Riwayat Susi untuk membaca dengan 2, 4, atau 6 harakat seperti mad `arid lissukun. Qiro’at lain akan membaca dengan izhhar. Dalil Syathibiyyah dalam perkara ini:
وَدُونَكَ الاُِدْغَامَ الْكَبِيرَ وَقُطْبُهُ أَبُو عَمْرٍ والْبَصْرِيُّ فِيهِ تَحَفَّلاَ

Ayat yang keenam (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ):
Qunbul dari Ibnu Katsir membaca kalimat (الصِّرَاطَ) dengan huruf sin (س) menggantikan atau badal untuk (ص). Dalilnya:
وَعَنْدَ سِرَاطِ وَالسِّرَاطَ لِ قُنْبُلاَ
بِحَيْثُ أَتَى
Qiro’at Hamzah membaca dengan isymam shad (ص) kepada suara zay (ز). Dalilnya:
وَالصَّادُ زَاياً اشِمَّهَا
لَدَى خَلَفٍ وَاشْمِمْ لِخَلاَّدِ الاَوَّلاَ
Imam lain membaca kalimat di atas dengan shad (ص) murni sesuai dengan rasm-nya.

Ayat yang ketujuh (صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ):
Pada kalimat (صِرَاطَ), Qunbul juga membaca dengan huruf sin dengan dalil yang telah disebutkan sebelum ini. Rawi Khalaf dari Hamzah membaca dengan isymam shad (ص) kepada suara zay (ز). Sedangkan untuk dua kalimat (عَلَيْهِمْ), perincian cara membacanya di antara para Imam Qurra adalah sebagai berikut:
– Ibnu Katsir akan membaca silah mim jama` yaitu men-dhammah-kan dan menyisipkan waw maddiyyah setelahnya sehingga dibaca dua harakat ketika washal; sedangkan ketika wakaf akan dibaca sukun seperti lumrahnya.
– Riwayat Qalun juga membaca seperti Ibnu Katsir, dengan tambahan wajah lainnya yaitu sukun seperti biasa.
Dalil untuk kedua kasus ini ialah:
وَصِلْ ضَمَّ مِيمِ الْجَمْعِ قَبْلَ مُحَرَّكٍ (دِ)رَاكاً وَقاَلُونٌ بِتَخْيِيرِهِ جَلاَ
– Qira’at Hamzah membaca dhammah pada ha (هـ) dalam dua kondisi: waqaf maupun washal. Dalil Syathibiyyah-nya:
عَلَيْهِمْ إِلَيْهِمْ حَمْزَةٌ وَلَدَيْهِموُ جَمِيعاً بِضَمِّ الْهاءِ وَقْفاً وَمَوْصِلاَ
– Baqil Qurra’ (Imam yang lain yang belum disebutkan) akan membaca dengan kasrah ha (هـ) serta sukun mim jama` (م) sebagaimana biasa.

Cara mengumpulkan bacaan (men-jama`);

– Ayat pertama (بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) dan kedua (الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ) dibaca dengan masing-masing berhenti pada ru’usul ayy (ujung ayat). Pada keduanya, bacaan Imam tujuh adalah serupa.

– Ayat ketiga (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) dan keempat (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ) dibaca bersambung dan berhenti pada ujung ayat keempat. Saat membaca ayat keempat, kata (مَالِك) dibaca hadzf terlebih dahulu. Cara washal ini adalah untuk menunjukkan (metoda waqaf-ibtida’ intizhari) adanya kasus qiro’at pada peralihan antara ayat ketiga dan keempat (idgham kabir oleh Rawi Susi, akan dijelaskan). Dengan demikian, bacaan Nafi`, Ibnu Katsir, Duri `an Abu `Amr, Ibnu `Amir, dan Hamzah sudah terpenuhi.

– Ayat keempat (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ) dibaca lagi, namun kali ini pada kata (مَالِكِ) dibaca dengan itsbat alif (ا). Dengan demikian, bacaan `Ashim dan Kisa’i terpenuhi.

– Ayat ketiga (الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ) dan keempat (مَالِكِ يَوْمِ الدِّينِ) dibaca bersambung. Pada pertemuan kata (الرَّحِيمِ) dan (مَالِكِ) dilakukan idgham mim (م) akhir ayat ketiga ke dalam mim (م) awal ayat keempat. Saat membaca ayat keempat, kata (مَالِك) dibaca hadzf alif (ا). Dengan demikian bacaan Susi `an Abu `Amr sudah terpenuhi. Ayat ketiga serta keempat sudah komplit tujuh qira’at.

– Ayat kelima (إِيَّاكَ نَعْبُدُ وَإِيَّاكَ نَسْتَعِينُ) dibaca. Tidak ada khilaf bacaan pada ayat ini.

– Ayat keenam (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ) dibaca dengan mula-mula mengucapkan shad (ص) yang murni pada kata (الصِّرَاطَ). Dengan demikian, bacaan Nafi`, Al-Bazzi `an Ibnu Katsir, Abu `Amr, Ibnu `Amir, `Ashim, dan Kisa’i sudah terpenuhi.

– Ayat keenam (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ) dibaca ulang dengan huruf sin (س) pada kata (الصِّرَاطَ). Ini bacaan Qunbul `an Ibnu Katsir.

– Ayat keenam (اهْدِنَا الصِّرَاطَ الْمُسْتَقِيمَ) dibaca lagi, kali ini dengan isymam shad (ص) kepada suara zay (ز) pada kata (الصِّرَاطَ). Ini melingkup bacaan Hamzah sehingga selesailah semua bacaan tujuh qira’at di ayat keenam.

– Ayat ketujuh (صِرَاطَ الَّذِينَ أَنْعَمْتَ عَلَيْهِمْ غَيْرِ الْمَغْضُوبِ عَلَيْهِمْ وَلا الضَّالِّينَ) dibaca lima kali dengan urutan rincinya:
1. Dibaca sesuai dengan rasm. Dengan ini terkumpul bacaan Nafi`, Abu `Amr, Ibnu `Amir, `Ashim, dan Kisa’i.
2. Dibaca dengan silah mim jama` pada dua kata (عَلَيْهِمْ). Dengan demikian, bacaan Qalun `an Nafi’ (wajah kedua), Al-Bazzi `an Ibnu Katsir terpenuhi.
3. Dibaca dengan dhammah ha (هـ) pada kedua kata (عَلَيْهِمْ) sebagai bacaan Khallad `an Hamzah.
4. Dibaca dengan sin (س) pada kata (صِرَاطَ) serta silah mim jama` pada kedua (عَلَيْهِمْ) sebagai bacaan Qunbul `an Ibnu Katsir.
5. Dibaca dengan isymam shad (ص) kepada suara zay (ز) pada kata (صِرَاطَ) serta dhammah ha (هـ) pada kedua kata (عَلَيْهِمْ) sebagai bacaan Khalaf `an Hamzah.

Cara membaca yang dirinci di atas juga disebut dengan istilah Jama` Kubra untuk Qiroa’t Sab`ah dari Thariq Asy-Syathibiyyah. Dengan metoda ini (kaidah jama` yang dirumuskan oleh Syaikh As-Safaqasi) selesailah tujuh macam bacaan pada Surat Al-Fatihah. Harap dicatat bahwa pembacaan qiro’at dengan jama` adalah guna majelis pembelajaran (bukan untuk digunakan shalat ataupun bacaan Al-Qur’an yang menjadi bagian dari suatu syarat ibadah spesifik). Kaidah jama` ini dilakukan setelah talaqqi riwayat per riwayat, qiro’at satu per satu untuk kemudian barulah dibolehkan menggabungkan semua qiro’at yang telah dipelajari dalam sekali membaca sebagai bentuk pelengkap penguasaan qiro’at.

Rujukan:
– Hirzul Amani wa Wajhut Tahani
– Ibraz Ma`ani min Hirzil Amani
– Al-Minahul Ilahiyyah fi Jam`i Al-Qiro’at As-Sab`i min Thariq Asy-Syathibiyyah
– Ghunyah Ath-Thalabah fi Taysiris Sab`ah
– Kaidah Qira’at Tujuh
– Manhaj Qiraat 10

3 Replies to “Tujuh Qiro’at dalam Surat Al-Fatihah”

  1. Minta dikirim buku petunjuk qiro’at sab’ah lengkap 30 juz, ke alamat ymi boarding school, bayur rt 4 rw 4 kel. Priuk jaya kec, priuk kota tangrang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *